Virus Corona dan Panic Buying

Seminggu ini saya cukup merasakan berada di tengah-tengah fenomena panic buyingPanic buying alias belanja besar-besaran karena panik adalah tindakan membeli sejumlah barang berdasarkan rasa takut. Status Indonesia yang tidak lagi bebas corona membuat reaksi berlebihan di masyarakat. Kesadaran persiapan menghadapi bencana seperti ini masih sangat kurang di Indonesia sehingga orang-orang menjadi panik setelah Pak Presiden Jokowi mengumumkan bahwa ada 2 orang WNI positif terjangkit Virus Corona (Covid-19). Beberapa toko ritel/supermarket di Jabodetabek diserbu orang-orang untuk memborong kebutuhan pokok. Masker dan Hand Sanitizer pun menjadi langka sehingga barang-barang tersebut dicuan-in oleh oknum pedagang nakal. Harga barang pokok menjadi naik. Hal ini tentu memengaruhi daya beli kaum ekonomi lemah. Menurut Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, bahaya yang lebih berat bukanlah ancaman dari virus korona itu sendiri, melainkan kepanikan yang berlebihan. Permintaan berlebihan akan membuat pasokan sulit untuk dipenuhi serta ancaman kenaikan inflasi.
panic
Siapa sih orang yang tidak akan khawatir jika terpapar virus corona? Dalam situasi apapun kita memang harus bersiap untuk kemungkinan yang terburuk tapi gak perlu sampai panic buying. Kenyataannya cuma akan membuat kita menjadi semakin parno dan serakah. Everyone literally fighting corona. Sekarang ini lebih tepat untuk menjaga kesehatan dan memperlambat perluasan infeksi penyakit ini dengan menghindari kerumunan. Beberapa gedung perkantoran di Jakarta pun sudah menerapkan body temperature check pada setiap pintu masuk sebagai upaya pencegahan. Bahkan sebuah artikel berita menyebutkan tips dari Pak Menkes agar jangan lembur terus karena imunitas tubuh kita bisa turun (God, my manager should read this!).

Corona
 is not an automatic death sentence, proper hygiene should be enforced. I am not saying we should not be careful, but the government know exactly what they are doing. Semua virus akan perang melawan imunitas tubuh, 
makanya pencegahan virus corona bisa dilakukan dengan cara berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi agar daya imun tubuh bisa kuat. Keep your own immune system strong enough to fight the virus.
Do a healthy life and keep your hand clean. 
Make sure you accept valid information only, do a cross and re-check.
Don’t be panic, but Don’t be careless.

Major Life Decision

Life is a series of choices and decisions. There are times when you have to choose and make major life changing events such as which univers...