Belajar Literasi Finansial Sejak Dini

Kecerdasan finansial merupakan salah satu kecerdasan yang sangat dibutuhkan bagi setiap orang. Orang tua saya sebenarnya memiliki literasi finansial yang cukup baik, namun sayangnya kebiasaan ini tidak diterapkan kepada saya sejak dini. Orang tua saya sangat menyayangi saya, akan tetapi cenderung terlalu memanjakan saya. Saya terbiasa dimanjakan dengan fasilitas hidup dan kelimpahan. Namun, hal ini kemudian menjadi bumerang bagi saya sendiri. Saya tumbuh menjadi anak yang selalu bergantung pada orang tua. Saya tidak terbiasa menabung apalagi menyiapkan dana darurat. Hal ini dikarenakan orang tua selalu memenuhi kebutuhan finansial saya, sehingga saya tidak memiliki target dan tujuan finansial di masa depan. Disinilah saya merasa pentingnya literasi finansial sejak dini. Banyak masalah penting dalam hidup saya yang terjadi akibat kurang meleknya terhadap finansial. Salah satunya ketika saya sedang kuliah, orang tua saya saat itu juga mulai memasuki masa pensiun. Mereka secara perlahan berhenti mendukung saya secara finansial. Kestabilan finansial saya makin goyah menjelang semester-semester akhir. Saya akhirnya harus bekerja ekstra keras untuk dapat menopang biaya pendidikan. Saya aktif ikut beberapa proyek dosen, dan mengambil pekerjaan freelance. 


Belajar literasi finansial adalah salah satu keputusan terbaik dalam hidup saya. Sebelum kenal akun Jouska dan Big Alpha, saya memulai literasi finansial dengan membaca buku "Rich Dad Poor Dad" karangan Robert T. Kiyosaki. Buku ini membahas tentang fundamental keuangan yang dapat membuka pandangan kita terhadap persoalan finansial. Dari sini saya perlahan mulai belajar untuk menabung dan mengumpulkan dana darurat. Saya belajar merubah gaya hidup dan membeli yang saya butuhkan, bukan yang saya inginkan. Menurut saya, sudah waktunya lembaga pendidikan formal memasukkan literasi finansial ke dalam pelajaran kurikulum agar kita sebagai generasi milenial menjadi lebih aware dengan pinjaman-pinjaman online yang menyesatkan atau bahkan terhadap situasi darurat Covid-19 seperti saat ini. Selain itu, saya menemukan fakta bahwa literasi finansial perempuan cenderung lebih rendah daripada pria, padahal banyak keputusan aliran dana ada di tangan perempuan (istri). Oleh karena itu, mari kita sadar finansial sejak dini agar masa depan kita menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Major Life Decision

Life is a series of choices and decisions. There are times when you have to choose and make major life changing events such as which univers...