Depot Miki Balikpapan

Kalimantan memang menjadi salah satu magnet bagi para pekerja minyak. Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki pulau ini membuat banyak perusahaan minyak beroperasi di sini. Balikpapan menjadi kota pertama yang saya singgahi karena menjadi lokasi dimana terdapat bandara utama Kalimantan Timur yaitu Bandara Sepinggan. Kebetulan pesawat saya tiba di Balikpapan pada pagi hari. Saya sebagai pendatang baru di kota minyak ini, tentu saya ingin merasakan rutinitas pagi yang dijalankan oleh warga Balikpapan. Saya mengunjungi salah satu tempat sarapan yang cukup terkenal di Balikpapan yaitu Depot Miki Balikpapan.

Depot ini memiliki konsep seperti foodcourt dimana kita bisa memesan sendiri makanan kita di stand yang kita inginkan. Setiap kali saya sarapan disini, tempat ini selalu ramai pengunjung. Depot ini menawarkan menu sarapan yang sarat akan karbohidrat kompleks seperti Nasi Kuning, Soto Banjar, Lontong Sayur, Bakmi Ayam hingga Bubur Ayam. Menu favorit saya adalah Nasi Kuning. Nasi Kuning disini agak berbeda dengan Nasi Kuning yang umum saya jumpai di Pulau Jawa. Nasinya agak sedikit lengket karena dicampur dengan beras ketan, serta memiliki citarasa khas Banjar.

Nasi kuning dengan ikan haruan

Lauk pendamping yang paling menarik disini adalah ikan haruan masak habang (masak bumbu merah). Ikan haruan merupakan ikan predator air tawar (sejenis ikan gabus) yang mempunyai habitat hidup di sungai dan rawa-rawa. Depot ini menjadi salah satu kedai sarapan legendaris di kota Balikpapan. Buka dari jam 7 pagi hingga jam 3 sore WITA. Tempatnya sederhana dan tidak ada pendingin udara, sehingga akan terasa panas dan sumpek jika dalam kondisi padat pengunjung. Bagi kalian yang akan bertandang ke kota minyak ini, jangan lupa untuk sarapan di Depot Miki Balikpapan.